Mengenai Saya

Foto saya
sanggau, kalimantan barat, Indonesia
seorang penyuluh pertanian lapangan yang pengen pinter.ter...ter.

salam

assalamualaikum wr. wb.
selamat datang!
jangan kaget masih dalam tahap belajar!

Sabtu, 19 Maret 2011

Sasaran Penyuluhan


Siapa sebenarnya yang jadi sasaran kegiatan penyuluhan? masih banyak yang bingung akan hal ini, terutama yang jarang bersinggungan dengan masalah penyuluhan. berikut beberapa sasaran penyuluhan yang dikutip dari berbagai sumber.
Dalam Undang-Undang No. 16 Tahun 2006, yang menjadi sasaran penyuluhan adalah pihak yang paling berhak memperoleh manfaat penyuluhan meliputi sasaran utama  dan sasaran antara.  Sasaran utama penyuluhan yaitu pelaku utama dan pelaku usaha.  Sasaran utama penyuluhan pertanian meliputi petani, pekebun, peternak, baik individu maupun kelompok, dan pelaku usaha lainnya.
Sedangkan sasaran antara penyuluhan yaitu pemangku kepentingan lainnya yang meliputi kelompok atau lembaga pemerhati pertanian, perikanan, dan kehutanan serta generasi muda dan tokoh masyarakat.  Yang dimaksud dengan generasi muda dan tokoh masyarakat yaitu generasi muda dan tokoh masyarakat dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender.
Ada pendapat lain mohon infonya!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

petani dan keluarganya, sebab ketika saat musim panen jika terlalu banyak, maka petani tidak mampu bekerja sendiri, oleh karena itu keluarga dari petani juga perlu mendapat penyuluhan.
itu pendapat saya

cekza Blog mengatakan...

itu juga betul mas...setuju banget dah :)